TOURISM

Manfaat Buah Ucen di Gunung Slamet via Jurangmangu

Buah ucen yang terdapat di Gunung Slamet via Jurangmangu ini rasanya sangat nikmat sekali. Tak hanya itu, buah ini bisa dijadikan obat ketka bibir kita mengalami pecah-pecah di saat melakukan pendakian dan buah ini mengandung vitamin C.

 

Buah ucen di gunung ini ada 3 macam yaitu warna ungu,merah, dan kuning. Ketiganya mempunyai rasa yang berbeda dan bisa langsung di makan.

 

Ciri - Ciri Buah Ucen atau Rubus rosifolius :

1. Sifat / Kebiasaan: toleran terhadap dingin; selalu hijau sepanjang tahun, toleran terhadap kekurangan cahaya, miring atau memanjat semak.

2. Digunakan: tanamam perdu berupa kebun, semak hias, pot, Penelitian untuk perbaikan varietas.

3. Kegunaan lain: Buah dimakan, dapat di makan mentah atau ditambahkan ke dalam salad, juga cocok untuk membuat selai dan mengawetkan.

4. Habitat : Hutan perbatasan dan tempat terbuka, pinggiran sungai, kebun kosong, pinggir jalan, dan lainnya lebih atau kurang terbuka tempat, ketinggian 0-2500 m. Banyak di jumpai di sepanjang jalur pendakian.

5. Manfaat tumbuhan dalam keadaan darurat : jika Buah ucen yang sudah matang berwarna merah dapat menjadi makanan ringan saat melakukan pendakian dan rasanya manis hambar.

 

Sumber Video: Jurangmangu Adventure