TOURISM

Festival Bamboo Gintangan Banyuwangi

SPORTOURISM - Banyuwangi - Banyuwangi menggelar Festival Bamboo untuk pertama kalinya. Sebuah festival yang menghadirkan beragam kreasi bambu hasil karya warga desa Gintangan yang digelar selama tiga hari, dari 11 hingga 13 Mei 2017. Berbagai karya dihasilkan disini mulai kerajinan asal bambu, dekorasi rumah, hingga atraksi seni dengan mengangkat tema bambu.


Enam puluh penari gandrung teihat menari dengan lincahnya. Secara koreografis, tak jauh berbeda dengan tari gandrung pada umumnya. Namun, ada satu hal yang tanpak spesial, omprog yang dikenakan terbuat dari anyaman bambu. Ini adalah satu dari sekian kreativitas masyarakat Gintangan. Ada berpuluh jenis lainnya yang ditampilkan dalam gelaran Festival Bamboo Gintangan Banyuwangi, di jalan raya Desa Gintangan.


Festival Bamboo ini, adalah upaya mengangkat potensi yang dimiliki oleh masyarakat Gintangan yang selama ini dikenal sebagai sentra kerajinan bambu. Berbagai karya olahan bambu dengan cita rasa seni dan kreativitas yang tinggi tersaji dalam festival tersebut. Ada puluhan sanggar kerajinan bambu yang turut menyajikan karyanya di sepanjang jalan di sekitar Kantor Desa Gintangan. Ada kap lampu, tempat tisu, tutup nasi, songkok dan beragam perabotan rumah tangga lainnya.


Di puncak acara menyajikan karnaval bambu. Ada 63 talent yang memeragakan adi busana berbahan dasar bambu. Mereka mengkreasikannya dalam aneka rupa. Ada yang menyerupai sayap, barong, tutup kepala, hingga sepatu pun terbuat dari bambu. Ketrampilan membuat anyaman bambu memang sudah menjadi ciri khas Desa Gintangan. Bahkan, dapat dikatakan sudah mentradisi sejak nenek moyang mereka.

 


Sumber video : YouTube Saluran Kabupaten Banyuwangi