SPORT

Tour de Molvccas 2017, Balap Sepeda Sambil Berwisata

SPORTOURISM -- Tour de Molvccas (TdM) 2017 diapresisi UCI (Union Cycliste Internationale) atau badan sepeda dunia. Warga Ambon pun menjadi saksi kemenangan para rider dari semua V etape.

 

Balap sepeda berbasis pariwisata ini sudah berlangsung di sepanjang Pulau Maluku, 18-22 September 2017. Ajang ini diikuti oleh 120 peserta dari 30 negara.

 

Menurut Menteri Pariwisata (Menpar) Arif Yahya, Tour de Moluccas 2017 merupakan sebuah ajang yang dapat meningkatkan target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2019.

 

Tour de Moluccas merupakan kegiatan tahunan Pemerintah Provinsi Maluku yang berada di bawah pengawasan Federasi Sepeda Dunia (UCI) serta Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI).

 

Para peserta akan melintasi tiga kabupaten dan satu kota yang terbagi dalam lima etape dengan total jarak 770,3 kilometer.

 

Kelima etape itu dimulai dari Piru-Masohi (179,7 km), Waipia-Bula (212 km), Bula-Wahai (153,8 km), Masohi-Kairatu (142,4 km), hingga rute Pantai Namalatu-Ambon (82,4 km).

 

Pihak penyelenggara menyediakan total hadiah sebesar Rp 1,5 miliar buat para peserta yang berpartisipasi.

 

Sepanjang perlombaan, para peserta melewati sejumlah spot yang menyajikan pemandangan indah, di antaranya Pantai Namalatu, Pantai Matakus, dan berbagai destinasi lainnya. Ini semua sekaligus menjadikan wisata Ambon dikenal dunia.