SPORT

Maddo: Crosser Gila Penakluk Ombak Pasifik

SPORTOURISM - Samudera Pasifik di perairan Tahiti mendadak berbeda pada 17 April tahun lalu. Robbie Maddison, crosser terkenal dunia, menggebrak hati para penontonnya saat sukses menembus gelombang besar yang sangat ditakuti para nelayan di perairan itu: Teahupo’o, gulungan ombak setinggi enam meter lebih.

 

Robbie Maddison sukses mewujudkan mimpinya untuk berselancar dengan sepeda motor di atas lautan berombak besar, di Tahiti, Samudera pasifik. Untuk itu, pria berpanggilan akrab Maddo itu harus memodifikasi sepeda motornya bersama Bill King, seorang pakar roket. Maddo mendesain gambar dan menunjukkannya pada Bill. Bill berkomentar bahwa mimpinya tersebut dapat segera terwujud. Dengan percaya diri dan bersemangat, Maddo mengatakan akan mewujudkan mimpinya tersebut. Proyeknya ini Ia namakan “Pipe Dream”.

 

Maddo tidak sembarangan. Ia penuh perhitungan. Idenya tidak datang begitu saja. Sebelumnya ia sempat melihat Brian Menley, seorang pengendara motocross beraksi di atas kolam. Dari sanalah crosser Australia berusia 34 tahun itu mulai bermimpi berselancar dengan motocross di lautan lepas. Bukan hanya soal rokoet itu yang menunjukkan Maddo bukan seorang setengah hati alias medioker. Maddo mempersiapkan mimpinya hampir dua tahun. “Proyek ini menguji setiap atom dalam tubuh saya, apakah saya mampu atau tidak,” ujar Maddo.

 

Akhirnya hari itu pun datang. Pada 17 April 2015 Maddo, tim dan keluarga terbang ke Tahiti. Sebelum melakukan aksi gilanya, Maddo berselancar terlebih dulu. Ia merasa perlu tahu karakter Ombak Teahupo’o. ia melakukan hal tersebut bersama peselancar lokal, Raimana Van Bastolaer dan pemain skateboard Mikey Taylor. Sepuluh hari berada di Tahiti, Maddo pun menjalankan proyeknya. Ia mulai menstarter sepeda motornya dari sebuah hutan, menyusuri jalan setapak yang ada sebelum mulai memutar pegangan gas. Ia pun melaju, kian cepat, keluar dari hutan menuju samudera luas terbuka! Lalu tak tanggung-tanggung, samudera itu pun diterabasnya.

 

Sepeda motornya kencang melaju, membelah ombak Teahupo’o! Sontak penonton bersorak. Bayangkan, sepeda motor itu membelah laut, mengarungi ombak laiknya berselancar. Istri Maddo sempat terkesiap manakala suaminya itu seperti lenyap ditelan gulungan ombak. Untunglah, tak lama sang suami mumcul dari pusaran air. Ia selamat! Maddo tak hanya bisa bermimpi, namun membuktikannya langsung di hadaoan keluarga dan para penonton yang mencintainya. [ ]